Dalam pelayanan masyarakat, dikenal tujuh butir pedoman pelayanan publik. Pedoman ini diperkenalkan oleh Lord Nolan dan lebih dikenal dengan the Nolan Principles (The Committee on Standard in Public Life, www.publicstandard.gov.uk, 1995), yaitu:

  1. Penyangkalan Diri (Selflessness)
  2. Integritas (Integrity)
  3. Objektivitas (Objectivity)
  4. Memiliki pertanggungjawaban (Accountability)
  5. Keterbukaan (Openness)
  6. Kejujuran (Honestly)
  7. Kepemimpinan (Leadership)

 

Apa hubungannya dengan blog ini?

 

Secara langsung, pedoman tersebut tidak berhubungan dengan blog ini. Tim Pelayanan Adik Asuh juga masih bergumul dan belajar untuk menerapkan pedoman tersebut dalam pelayanan kami terhadap anak-anak sektor informal dan komunitasnya.

 

Blog Adik Asuh sendiri dibuat sebagai usaha untuk mendokumentasikan bagaimana pelayanan ini berproses sekaligus sebagai wahana interaksi dengan rekan-rekan sekerja melalui dunia maya untuk saling mendukung, mengoreksi dan menguatkan.

 

Dalam hubungannya dengan the Nolan Principles, pembuatan blog ini sekaligus merupakan upaya pertanggungjawaban publik (public accountability) bahwa dengan segala jatuh bangunnya, pelayanan ini boleh terus hadir. Ada proses pendisiplinan diri di sini, ada keterbukaan, ada kejujuran dalam melihat permasalahan dan berkat, belajar objektif dan belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri serta memiliki Integritas dalam tim.

 

 

CIBFest ’08 dan blog ini

 

Blog ini terpilih sebagai blogger terbaik kategori organisasi dalam CIBFest ’08. Puji Tuhan. Semua kakak asuh merasa senang dan bangga. Ini suatu kejutan yang indah ketika kami berada dalam masa sarat pergumulan. Walaupun demikian, kami harus menyadari bahwa apa yang coba secara jujur kami sampaikan melalui blog ini jauh dari hebat. Semuanya ini hanya karena cinta Tuhan yang besar pada kami, jadi biarlah semua kemuliaan hanya milik Tuhan semata.

 

Terima kasih CIBFest ’08 yang sudah memberi kepercayaan kepada kami untuk menyandang predikat juara. Untuk seluruh kakak asuh, dan semua rekan-rekan yang melayani anak-anak sektor informal…. Ayo terus semangat!!!

 

Tuhan memberkati!