Twinkle, twinkle, little star
How I wonder what you are
Up above the world so high
Like a diamond in the sky
Twinkle, twinkle, little star
How I wonder what you are!

Dipandu oleh kak Rery, adik-adik menyanyikan lagu tadi dengan sedikit canggung karena tidak terbiasa dengan lagu berbahasa Inggris. Kak Dita membantu mengartikan lirik lagu tersebut sambil membantu menambahkan beberapa kosakata bahasa Inggris untuk adik-adik. Adik-adik bukannya tidak pandai, mereka hanya tidak terbiasa saja. Tim Pelayanan Adik Asuh sadar bahwa belajar bukan hanya kegiatan menghafal rumus Matematika atau mengeja abjad Bahasa Indonesia, tetapi belajar adalah sebuah budaya juga yang didalamnya ada proses pembiasaan untuk menggali potensi terbaik yang dimiliki anak.

Twinkle twinkle little star.. how I wonder what you are..

Tanggal 9 Januari 2010 adalah pertemuan perdana kegiatan belajar di tahun 2010. Adik-adik begitu gembira berkumpul. Senyum dan tawa menghiasi wajah mereka. Beberapa adik kelas 0 berlarian kesana-kemari, ditangan mereka ada beberapa lembar kertas yang dipakai sebagai uang-uangan. Rupanya mereka sedang belajar berhitung sambil beraksi seperti ibu-ibu yang sedang belanja. Hitungannya banyak yang salah tetapi tidak apa-apa, kak Vanny cukup sabar untuk mengajar tanpa merampas kesenangan kanak-kanak mereka.

Belajar perlu menjadi sebuah proses yang menyenangkan

Kegiatan berlangsung di ruang Athena. Kak Mario dan kak Audy sudah menyiapkan layar dan LCD. Sementara kak Ben, kak Dita dan kak Sisil menyiapkan sejumlah pertanyaan quiz. Kakak lainnya menjadi pendukung dan penyemangat. Quiz ini dimaksudkan untuk menyegarkan kembali ingatan adik-adik pada pelajaran yang telah lalu dan sebagai penyemangat untuk memasuki semester yang baru. Adik-adik dibagi menjadi empat regu. Regu A adalah adik-adik kelas 1 s.d. 3. Regu B adalah adik-adik kelas 4 s.d. 6. Regu C adalah adik-adik kelas 7 s.d. 9. Regu D adalah adik-adik kelas 10 s.d. 12. Setiap regu mendapatkan jumlah soal yang sama tetapi bobotnya berbeda sesuai dengan jenjang kelas masing-masing. Ada soal Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Bahasa Inggris, IPS dan Pengetahuan Umum. Quiz ini dimenangkan oleh regu B sebagai penjawab terbaik.

Adik-adik dan kakak asuh dengan segala keterbatasannya tetap meyakini bahwa hal-hal besar dapat dimulai dari mimpi yang sederhana. Semoga ketika adik-adik bertumbuh semakin besar, mereka boleh merasakan bahwa para kakak asuh percaya pada potensi terbaik yang ada pada diri mereka seperti bintang-bintang yang berkilau laksana berlian di langit malam.

Twinkle twinkle little star, how I wonder what you are…

(George Sicillia)