26 Juni 2010, seperti biasa adik-adik kembali datang untuk belajar bersama dengan kakak-kakak asuh.Hari sabtu kemarin ada suasana berbeda, adik-adik baru melewati ujian kenaikan kelas dan seleksi masuk SMP, serta kedatangan tamu “kakak-kakak pendamping” untuk Jambore Sahabat Anak. Hampir semua adik berwajah ceria, kelihatannya naik kelas, juga ada yang gembira bisa masuk SMP Negeri, seperti Arneta, Ayu, Yulia, dll. Ada juga yang terpaksa masuk swasta, mereka masih ingin melanjut sekolah. “Sayang disaat mereka semangat ingin melanjutkan sekolah, biaya sekolah sangat mahal, uang pendaftaran bisa mencapai 2 juta, belum uang SPP sekitar 200-ribu per bulan“, curhat salah satu kakak asuh. Itulah sepengggal cerita tentang adik asuh.

Hari ini diisi dengan pembekalan tentang “Nutrisi untuk Sahabatku“ untuk acara Jambore Sahabat Anak yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Ragunan pada tanggal 10-11 Juli 2010.
Kak Sisil  dan kak Ata begitu serius, namun sesekali juga bercanda dalam membekali adik-adik tentang nutrisi.

“Penyakit beri-beri, akibat  kekurangan vitamin apa?” tanya kak Sisil. “Vitamin A!!!!!”, beberapa adik berteriak menjawab. Kak Sisil dan kak Ata hanya tersenyum dan geleng kepala tanda tak benar. Ada juga yang menjawab vitamin C, mendaftar satu demi satu abjad yang terlintas di kepala mereka. Lucu-lucu memang, berteriak duluan, baru tunjuk tangan. Beberapa saat baru ada adik asuh yang menjawab dengan benar (vitamin B), berharap itu bukan tebakan tapi karena dia tahu.

Semoga mereka akan menikmati Jambore Sahabat Anak 2 minggu lagi. Berharap mereka pulang dengan  senyum di wajah dan penuh semangat menyongsong hari esok.

(Ben Parhusip)