DI dinding putih itu tertulis “Pentas Seni 2010, Persahabatan”. Inilah ajang kreasi yang pertama kali dihadirkan bagi adik dan orang tua asuh GKI Panglima Polim, Jakarta.

Sebuah tarian tradisional Betawi, membuka acara yang berlangsung sekitar 1,5 jam ini. Tiga gadis cilik melenggak-lenggokkan pinggulnya dengan irama musik riang, di Sabtu 28 Agustus siang yang cerah itu.

Penonton pun tersenyum. Sajian berikutnya adalah tarian modern dari The Angels dengan iringan lagu Baby by Justin Bieber, artis yang sekarang terkenal di Amerika Serikat. Wah, rupanya adik asuh gaul juga..

Apa arti persahabatan

Tema persahabatan pun mulai terasa, ketika pembawa acara K Dwira dan Danang, perwakilan adik asuh mulai berkomunikasi dengan penonton. “Apa arti persahabatan di Indonesia?”

E e..eh, tapi ibu-ibu rupanya masih malu-malu menjawab, ketika mikrofon diarahkan dekat mulut mereka.

Dan akhirnya, K Martha deh yang jawab, bahwa persahabatan di Indonesia cukup unik. Karena dari berbagai suku bangsa dan berbeda agama dapat hidup berdampingan. Ada yang berasal dari Jawa, Sunda, dan Batak. Adik asuh dan kakak asuh yang berbeda keyakinan, tidak terhalang untuk saling membantu.

Meskipun kadang-kadang ada kekesalan dalam persahabatan, tapi seperti kepompong yang akan indah bila dijalin.

Jrenngg.., gitar pun dipetik dan adik asuh mulai mendendangkan lagu “Persahabatan Bagai Kepompong”. Sedikit liriknya mengatakan persahabatan sesuatu yang tak mudah tapi berubah menjadi indah. Maklumi teman hadapi perbedaan.

Suasana pensi—singkatnya– terasa semakin menarik ketika pertunjukan drama yang dilatih oleh kakak-kakak dari PSP. Lucu, tapi pesan tentang persahabatan dan pertemanan tertuang di dalamnya.

Ya… semoga adik-adik dapat mengambil manfaat positifnya. Tidak kalah narsis, kakak asuh pun tampil. Dengan mengenakan kostum baju berwarna cerah, 16 kakak bersemangat menembangkan “Usah Kau Lara Sendiri” yang populer dinyanyikan Katon Bagaskara dan Ruth Sahanaya.

Wah, saya pribadi nggak nyangka kakak asuh bisa nyanyi dengan oke juga nih. Kirain suaranya saja yang kencang kalau ngajar. Prikitiww..

Bernyanyi Lagu Usah Kau Lara Sendiri

Yang tidak kalah istimewa adalah modern dance dari Grup The Angels (tiga siswi kelas 9). Kata Mila, salah satu dari mereka “Kita sengaja beli kemarin malam”. Ya, di atas panggung mereka terlihat cantik dengan kaos pink dipadu short pant dan ballet shoes.

The Angels dari Grade 9

Dan ketika pesan dari K Sisil dan K Qboy disampaikan kepada hadirin, giliran orang tua yang mulai percaya diri, untuk menjawab pertanyaan. Salah satunya orang tua Narti, yang sudah berani berekspresi ketika ditanyakan apakah orang tua siap menjadi sahabat bagi anaknya? “Ya, karena kalau saya main dengan anak saya (Narti), seperti muda kembali” Narti pun mengiyakan pernyataan ibunya.

Selain pesan persahabatan, K Sisil pun meminta adik-adik untuk mendapatkan nilai-nilai yang bagus di semester ini. Sehingga pensi tahun depan bisa terselenggara.

Kakak Asuh dan Para Undangan

Ditutup dengan doa, acara ini pun berakhir dengan group picture per kelas, dan pembagian makanan untuk berbuka puasa. Mengutip lagu Persahabatan Bagai Kepompong, semoga persahabatan kita tetap hangat, mengalahkan sinar mentari.

(Martha Silaban)