Aplikasi  jejaring sosial seperti facebook menawarkan platform yang efisien bagi kegiatan siswa dengan memperluas jaringan dan hubungan akrab. Situs jejaring sosial seperti  facebook bisa membantu pelajar dalam berinteraksi secara sosial dan akademik yang akhirnya meningkatkan hasil belajar.

International Journal of Networking and Visual Organizations, mengungkapkan bahwa jejaring sosial online secara langsung dan mempengaruhi secara positif pembelajaran akademik. Dalam survey yang dilakukan, mereka menyediakan platform untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan dan berkolaborasi menggunakan aplikasi pendidikan untuk mengelola aktivitas belajar

Kebaikan dan keuntungan penguna facebook adalah kita dapat  tahu berita-berita paling  baru dari facebook, berkomunikasi dengan teman-teman, mendapatkan teman baru dan bisa up to date status sesuai apa yang sedang dipikirkan dan coment status  orang lain

Facebook juga bermanfaat bagi siswa yang efisien dengan bersosialisasi dan memperluas jaringan pertemanan mereka dan menjaga hubungan yang akrab.Banyak orang bilang facebook itu tidak ada manfaatnya,tapi ternyata ada.Facebook juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang menarik dan games yang menarik untuk dimainkan,sehingga pengguna facebook tidak bosan untuk memainkannya.

Facebook juga bisa memperkenalkan kita dengan orang lain dan juga bias berkomunikasi secara langsung. Facebook juga menyediakan fasilitas group untuk bergabung dan berkumpul. Bisa juga membahas topic dan menggunakan aplikasi pendidikan untuk menjunjung aktivitas belajar.

Akibat buruk dari menggunakan facebook adalah lupa waktu. Karena sedang asik menggunakan facebook,orang-orang banyak yang lupa dengan urusan mereka masing-masing.Sehingga lupa untuk bekerja dan sekolah atau yang lainnya.Memainkan facebook juga berdampak negative bagi anak-anak sekolah,karena setiap anak-anak sekolah tidak sepenuhnya memikirkan pelajaran sekolahnya,tapi memikirkan facebook.

Dirangkum oleh: Danang, Putra, Johan, dan Iqbal (SMA/SMK)

Referensi: Vivanews