Belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Kita dapat belajar dari apa saja dan kapan saja karena semua makluk adalah guru, semua tempat adalah sekolah dan semua peristiwa adalah buku pelajaran.

Saat belajar, adik-adik dapat menggunakan haknya sebagai anak Indonesia. Hak atas pendidikan, hak untuk didengarkan (berpartisipasi) dan berekspresi. Selain itu, adik-adik bisa belajar untuk bekerjasama, berpendapat dan saling menghargai.

Image

Sabtu, 1 Juni 2013. Hari ini diawali dengan mengulas ulang beberapa materi IPA sepanjang satu semester ini. Setelah itu, adik-adik belajar materi tentang AIR melalui tayangan video singkat. Psstt.. dengan demikian mereka belajar ‘menyimak’.

Image

Mereka diberi tugas untuk menyiapkan presentasi mengenai fungsi air dan daur air. Beberapa adik tak segan-segan meminta video ini diputar ulang pada bagian yang mereka tidak pahami.

Image

Seperti ini situasi diskusi kelompok. Semua berpartisipasi.

Image

Sekalipun demikian, tetap saja ada yang ‘sadar kamera’

Image

Dalam kerja berkelompok, adik-adik tidak hanya berdiskusi, tetapi juga mendokumentasikan hasil diskusinya dalam bentuk tulisan dan gambar.

Image

Ini hasilnya kelompok Artha cs. Kreativitas yang patut diacungi jempol. Tetapi perhatikan baik-baik… banyak sekali kesalahan dalam penulisan terkait dengan penggunaan huruf besar dan kecil, serta tanda baca. Hmm, hasil kerja adik-adik ini bisa digunakan nanti untuk belajar lagi bahasa Indonesia yang baik.

Image

Ini hasil kerja kelompok Hans cs. Fungsi air dengan mudah mereka daftarkan. IPA memang pelajaran yang menyenangkan karena berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Tapi, kesalahan penulisan masih sama dengan kelompok sebelumnya.

Image

Yang ini, hasil kerja kelompok Shiva cs. Kelebihan kelompok ini adalah mereka coba menarasikan hasil kerja mereka walaupun ada kecenderungan menggunakan kosakata yang ‘gaya buku’. Saya suka ini.

Image

Siap-siap presentasi. Sambil menggambar ahh…

Image

Artha mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Ada proses berbicara dan menyimak. Keduanya kompetensi yang sama-sama diperlukan untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Image

Wah senangnya melihat semua memperhatikan dengan seksama.. sekalian kita bisa belajar untuk saling menghargai bukan?Image

Kelompok Artha cs bangga memperlihatkan hasil kerjanya.

Image

Kelompok Shiva cs tidak mau kalah. “Kami juga bisa”, kata mereka.

Image

Kelompok ini mengandalkan kerjasama. Presentasi tidak dilakukan satu orang, tetapi bergantian.

Image

Ini kelompok Slamet cs. Kelompok yang paling banyak membuat daftar fungsi air. Mulai dari untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci, sampai keperluan tersier seperti wisata air.

Demikianlah cerita sehari bersama adik asuh. Pokoknya belajar itu harus selalu menyenangkan  \(“,)/

Foto dan narasi: kak Sisil