Ditulis oleh salah satu adikasuh  :

Annisa N.M.B

Kelas V, dengan judul ” Pergi Ke TMII”

Tujuan tulisan adalah mengetahui feedback yang didapat adik-adik selama berkunjung ke TMII pada hari Sabtu tanggal 22 Juni 2013,yang diketuai oleh Kak Maria .

Penulis hanya mengetik ulang apa yang ada dikertas karangan adikasuh, izin salin ulang ya Annisa, tetap semangat menulis🙂.

                                                                                                     

                                              PERGI KE TMII

Pada  hari  Sabtu  lalu  aku  Eduwisata  ke  Taman  Mini  Indonesia  Indah (TMII)bersama  teman-teman  dan kakak-kakak  PJ  dari  GKI  Kebayoran  Baru.  Aku  menyiapkan  perlengkapan  sejak  Jumat  lalu sepulang sekolah. Jumat kemarin aku menyiapkan pakaian yang ingin dipakai besok. Sekitar pukul 17.00 wib aku mandi lalu membeli makanan ringan di Supermarket. Sekitar pukul 19.30 wib aku menyiapkan sepatu,lalu aku sikat gigi, cuci kaki, tangan, dan muka langsung tidur.

Keesokan paginya aku bangun pukul 04.30 wib.Aku membantu ibu meracik bumbu memasak, untuk ibu masak  lauk.  Setelah  selesai  membantu  ibu,  aku  langsung  memasak  nasi.  Sekitar  pukul  05.05  aku langsung  mandi  dan ganti  baju.  Setelah  itu  aku  langsung  mengoles  roti  untuk  sarapan  dan  menonton kartun kesukaanku.

Pukul  06.30  wib  aku  berangkat  ke  GKI  Kebayoran  Baru.  Disana  aku  berkumpul  dengan  teman-teman. Sekitar pukul 07.00 wib semua adik asuh diberi pengarahan untuk berbaris. Jika ada nama yang dipanggil dia  harus  berbaris  dengan  berbentuk  kelompok.  Stelah  slesai  membuat  kelompok,  setiap  klompok mempunyai  kakak  pembimbing.  Ternyata  aku  klompok  7  dan  kakak  pembimbingku  adalah  kak Audy.Stiap kelompok disuruh membuat yel-yel.

Tak  lama  kemudian  kakak  JP  baru  datang  dia  bernama  Kak  Lidia,  daripada  tidak  ada  ide  Kak  Audy membuat  lagu  dngn  lirik  DORAEMON.  Sekitar  pukul  07.30/08.00  wib,  klompok  1,2,3,  dan  5  di  bis  no 1 (satu) dan klompok 4,6,dan 7 dibis no 2(dua). Setelah bis no 1 jalan langsung bis no 2 yang jalan. Di bis aku hanya melihat kanan dan kiri. Ternyata lirik lagu yang dibuat kak Audy salah, yang benar adalah lirik yang dibuat oleh anak klompok 7. Di bis aku mencatat lirik yang benar.

Tak lama kemudian aku sudah sampai di TMII.Setiba disana kami langsung turun di belakang  Museum Indonesia. Semua berbaris perkelompok dan langsung menyebrang untuk ke Museum Indonesia. Semua berbaris   perkelompok   dan   langsung   menyebrang   untuk   ke   Museum   Indonesia.   Setelah   slesai menyebrang semua berbaris membentuk klompok lagi. Sambil menunggu kak Vany membayar/membeli tiket masuk ke Museum Indonesia, semua klompok disuruh oleh kak Vany untuk latihan yel-yel. Setelah slesai  semua  berbaris  untuk  berbaris  untuk  menuju  ke  Museum  Indonesia  disana  semua  diberi pengarahan oleh pemandu di Museum Indonesia.

Disana dijelaskan jika luas TMII: 20.100 M2, disana juga ada Rumah adat dari 33 provinsi, dan juga ada 17 Museum  diantaranya  adalah  Museum  Indonesia.  Di  Museum  Indonesia  terdapat  3  lantai,  lantai pertama:  Bhineka  Tunggal  Ika,  lantai  kedua  Manusia  dan  Lingkungan  ,  lantai  ketiga:  Seni  dan  budaya. Disana lantai pertama kita bisa melihat patung, patung itu bernama patung Garuda. Setelah slesai mengunjungi Museum Indonesia, semua menuju ke Bis untuk menuju ke Museum Listrik dan  Energi  Baru.  Semua  kembali  ke  bis  dan  menuju  ke  Museum  Transportasi.  Setelah  turun  dari  bis semua  berbaris  perkelompok.  Kalau  ada  klompok  terapih,  klompok  itu  yang  pertama  masuk  ke pesawat.Ternyata klompokku/klompok 7 yang pertama masuk.

Stelah  semua  klompok  masuk  ke  dalam  pesawat.  Semua  baris  perkelompok  dan  jalan  melihat transportasi yang lain. Disana juga ada kereta api yang dipakai oleh Presiden Soeharto saat dulu. Dan di sana  juga  ada  perahu,  Kapal  TIMSAR  AU,  oplet,  dan  masih  banyak  lagi.  Setelah  selesai  melihat-lihat semua  disuruh  duduk  .  Dan  mulai  bermain  tebak  kuis.  Stelah  slesai  bermain  tebak  kuis.Smua dikasih makan oleh kakak-kakak PJ. Setelah slesai makan dilanjutkan dengan acara dourprize. Stelah  slesai  dourprize  dilanjutkan  dengan  yel-yel.  Saat  yel-yel  slesai,  diummkanlah  pemenangnya ternyata  pemenang  pertama  klompok  ku/klompok  7  dan  pemenang  kedua  klompok  dua.

Setelah  itu semua adikasuh diberi cemilan untuk tanda trima kasih kakak. Dan kakak-kakak PJ Smua maju kedepan.
Adik  asuh  memberi  cemilan  untuk  kakak  PJ  yang  paling  disayang  oleh  dirinya  sendiri.  Aku  memberi cemilan kepada kak Lidia, karna aku sangat sayang kepada Kak Lidia.

Stelah slesai, semua masuk kedalam bis untuk segera pulang. Didalam bis juga ada tebak kuis, dan juga menyanyi. Sesampai di GKI, smua disuruh untuk masuk dan duduk di GKI sambil menunggu bis no 1 yang bisnya mogok di TMII. Stelah bis no 1 sampai semua dibolehkan pulang.

Karangan Annisa Karangan Asli Annisa photo by Kak Ana

Pergi ke TMII    Karangan Asli Annisa photo by Kak Ana

Ditulis ulang tanpa mengedit :

Ben Parhusip

Jakarta 17 Juli 2013