Salam ini saya kenal sewaktu mengikuti briefing Kelas Inspirasi.

Pada dasarnya salam ini diberikan pada murid (bisa seorang saja atau beberapa orang sekaligus) sebagai apresiasi atas keberhasilan mereka dalam melakukan sesuatu. Namun salam ini bisa jadi diberikan sebagai apresiasi atas keberanian mereka dalam melakukan sesuatu (entah itu menjawab pertanyaan, melakukan role play, atau mengemukakan pikiran mereka).

Salam ini sederhana. Inti gerakan salam ini hanyalah tepuk tangan 3 kali, kemudian dilanjutkan dengan gaya superhero/idola tertentu (biasanya sosok yang happening), dan diakhiri dengan kata-kata: whooossss!!

Sebagai contoh saya ambil salam superman whooos:

(katakan) salam superman whooos/ (tepuk tangan 3 kali) plok plok plok/ (sambil menirukan gaya terbang Superman,katakan) tet terettt tetettt/ (akhiri dengan mendorong kedua tangan ke depan sambil mengatakan) whooossss!!

Salam ini bisa berubah menjadi spiderman whooos:

salam spiderman whooos/ plok plok plok/ (tirukan gaya Spiderman mengeluarkan jaringnya dengan tangan,sambil bisikan) sssttt…ssttt..ssttt…/ whooosss!!

Simpel bukan🙂 tapi besar lho efeknya buat anak-anak. Hal ini sudah saya coba ke murid-murid saya,dan mereka sangat menyukainya,hehe…

Semoga setelah ini adik-adik lebih semangat belajar. Memberikan pujian dan apresiasi dalam bentuk terkecil secara tulus benar-benar besar dampaknya bagi semangat belajar seorang anak. Dan semoga kita masih menyadari dan mau mempraktekkan hal itu.

 

Jakarta, 15 Mei 2014

Christine Valentina